TIM PENGUSUL
KETUA: ANDI SARYOKO,
M.KOM 0304108102
ANGGOTA: HENDRI, M.KOM 0327038702
ANGGOTA: SULAEMAN
HADI SUKMANA, M.KOM 0325039101
Kami dari
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
NUSA
MANDIRI
JAKARTA
2019
Penelitian ini dibiayai
oleh
Direktorat
Ristek dan Pengabdian Masyarakat
Direktorat
Jenderal Penguatan Ristek dan Pengembangan
Kementrian
Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Sesuai
dengan Surat Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Hibah Penelitian
Nomor:
63/AKM/MONOPNT/2019, Tanggal 24 Mei 2019
Adapun Abstrak Penelitian kami:
Masyarakat Indonesia dalam melakukan pendaftaran sebagai
anggota BPJS Kesehatan untuk saat ini sudah dapat dilakukan dengan beberapa
cara, dapat melakukan pendaftaran dengan cara datang langsung ke kantor BPJS
terdekat, yang kedua dapat melakukan pendaftaran secara online pada komputer,
laptop yang terhubung internet pada laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/ atau cara yang ketiga melakukan pendaftaran
secara online pada aplikasi mobile JKN dengan smartphone atau Handphone.
Penelitian untuk menganalisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran
online BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN dengan menerapkan metode
servqual. Dalam
pendaftaran anggota BPJS Kesehatan secara online, pihak penyedia
aplikasi harus mampu memberikan
perhatian penuh pada service quality (SERVQUAL ). Dalam konteks pengukuran
variabel kualitas pelayanan, mengidentifikasikan lima dimensi ukuran kualitas layanan antara lain: Keandalan
(reliability), Daya tanggap (responsiveness),
Jaminan (Assurance), Bukti
langsung (Tangibles),
dan Empati (Empathy). Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kepuasan anggota
BPJS Kesehatan terahadap pelayanan pendaftaran online pada BPJS Kesehatan khususnya
untuk wilayah Jakarta selatan dengan menerapkan metode SERVQUAL, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang harus
diprioritaskan pada pendaftaran online dengan aplikasi mobile JKN agar dapat
memenuhi harapan masyarakat. Dari penelitian
ilmiah ini berharap dapat di publikasikan di
salah satu jurnal nasional dan dapat di seminarkan dalam
temu ilmiah Nasional.
Kata Kunci: Pendaftaran Online, BPJS
Kesehatan, Mobile JKN
Penelitian ini sudah diseminarkan dalam Seminar Nasional di STMA Trisakti Pada bulan Maret 2019 dan sudah dipubliksi pada Jurnal Nasional Terakreditasi yaitu Jurnal Paradigma
Bukti sudah
Terbit pada jurnal paradigma: Pengukuran Layanan Pada Aplikasi Mobile JKN Menggunakan
Metode Servqual
Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memotifasi teman2 akademisi di seluruh Indonesia, Khususnya untuk teman-teman Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri dan teman-teman Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).
Terimakasih
No comments:
Post a Comment