Thursday, October 31, 2019

Andi Saryoko, M.Kom Untuk yang kedua kali Proposal Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) 2018 dinyatakan Lolos pada awal tahun 2019 oleh KEMENRISTEK DIKTI

Puji Syukur Alhamdulillah, untuk yang kedua kali proposal Hibah Penelitian Andi lolos dan masuk kedalam daftar pemenang Hibah Penelitian Dosen Pemula untuk pelaksanaan 2019. Sampai saat ini masih dalam proses penggarapan dan Alhamdulillah sudah hampir 100% selesai sampai pembuatan Laporan Akhir. Agendanya Monev laporan akhir akan dilaksanakan pada bulan November 2019 yang akan datang. Adapun Judul Penelitian kali ini adalah:

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN PADA APLIKASI MOBILE JKN

TIM PENGUSUL
KETUA: ANDI SARYOKO, M.KOM 0304108102
ANGGOTA: HENDRI, M.KOM 0327038702

ANGGOTA: SULAEMAN HADI SUKMANA, M.KOM 0325039101
Kami dari

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
NUSA MANDIRI  
JAKARTA
2019

Penelitian ini dibiayai oleh
Direktorat Ristek dan Pengabdian Masyarakat
Direktorat Jenderal Penguatan Ristek dan Pengembangan
Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Sesuai dengan Surat Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Hibah Penelitian
Nomor: 63/AKM/MONOPNT/2019, Tanggal 24 Mei 2019


Adapun Abstrak Penelitian kami:


Masyarakat  Indonesia dalam melakukan pendaftaran sebagai anggota BPJS Kesehatan untuk saat ini sudah dapat dilakukan dengan beberapa cara, dapat melakukan pendaftaran dengan cara datang langsung ke kantor BPJS terdekat, yang kedua dapat melakukan pendaftaran secara online pada komputer, laptop yang terhubung internet pada laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/ atau cara yang ketiga melakukan pendaftaran secara online pada aplikasi mobile JKN dengan smartphone atau Handphone. Penelitian untuk menganalisa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pendaftaran online BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN dengan menerapkan metode servqual. Dalam  pendaftaran anggota BPJS Kesehatan secara online, pihak penyedia aplikasi  harus mampu memberikan perhatian penuh pada service quality (SERVQUAL ). Dalam konteks pengukuran variabel kualitas pelayanan, mengidentifikasikan lima dimensi ukuran kualitas layanan antara lain:  Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness),  Jaminan (Assurance), Bukti langsung  (Tangibles), dan Empati (Empathy). Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kepuasan anggota BPJS Kesehatan terahadap pelayanan pendaftaran online pada BPJS Kesehatan khususnya untuk wilayah Jakarta selatan dengan menerapkan metode SERVQUAL, dan  untuk mengetahui faktor apa saja yang harus diprioritaskan pada pendaftaran online dengan aplikasi mobile JKN agar dapat memenuhi harapan masyarakat. Dari penelitian  ilmiah ini berharap dapat di publikasikan di salah satu jurnal nasional dan dapat di seminarkan dalam  temu  ilmiah Nasional.

Kata Kunci: Pendaftaran Online, BPJS Kesehatan, Mobile JKN



Penelitian ini sudah diseminarkan dalam Seminar Nasional di STMA Trisakti Pada bulan Maret 2019 dan sudah dipubliksi pada Jurnal Nasional Terakreditasi yaitu Jurnal Paradigma 





Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memotifasi teman2 akademisi di seluruh Indonesia, Khususnya untuk teman-teman Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri dan teman-teman Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).
Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Link murottal Al Qur'an Juz 1 sampai jus 30

Ini link murottal Semoga bermanfaat Mishary Rasyid per Juz....  Juz 1 ⇨ http://j.mp/2b8SiNO Juz 2 ⇨ http://j.mp/2b8RJmQ Juz 3...